Contoh Soal Geografi Kelas X Sekolah Menengan Atas MA - Persiapan untuk ulangan harian, ulangan mid geografi atau ulangan semester lazimnya akan sungguh sibuk belajar. Bisa berguru dengan mengulang materi -materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
Bisa juga mempelajari soal-soal latihan. Apa saja, yang paling penting mampu memajukan pengertian kita kepada pelajaran di sekolah. Pelajaran geografi kelas 10 misalnya, juga harus diulang lagi.
Kalau sudah belajar dengan rajin dan sering berlatih maka lazimnya akan lebih akil. Masalahnya kadang kita malas untuk tekun atau rutin berlatih dan membaca. Kalau saja kita selalu tekun maka mencar ilmu tidak akan sukar.
Bisa juga mempelajari soal-soal latihan. Apa saja, yang paling penting mampu memajukan pengertian kita kepada pelajaran di sekolah. Pelajaran geografi kelas 10 misalnya, juga harus diulang lagi.
Kalau sudah belajar dengan rajin dan sering berlatih maka lazimnya akan lebih akil. Masalahnya kadang kita malas untuk tekun atau rutin berlatih dan membaca. Kalau saja kita selalu tekun maka mencar ilmu tidak akan sukar.
Seperti misalnya mencar ilmu dari latihan-latihan yang ada. Bisa belajar dari latihan soal di buku, lembar kerja atau lainnya, banyak yang bisa dimanfaatkan jika mau. Pelajaran apa saja, termasuk pelajaran geografi yang diketahui tidak terlampau sukar sekalipun.
1) Soal geografi kelas 10 semester 2
2) Soal geografi kelas 10 kurikulum 2013 semester 2
3) Kunci tanggapan geografi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
4) Kunci jawaban geografi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
5) Kunci jawaban buku paket geografi kelas 10 kurikulum 2013
6) Materi geografi kelas 10
7) Soal ekonomi kelas 10
Nah, kali ini kita akan membahas beberapa teladan soal untuk pelajaran geografi utamanya untuk pelajar sma kelas 10. Bagi yang ingin berlatih bareng dan ingin lebih berakal dan menguasai bahan yang telah diajarkan disekolah bisa ikut latihan ini.
1) Soal geografi kelas 10 semester 2
2) Soal geografi kelas 10 kurikulum 2013 semester 2
3) Kunci tanggapan geografi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
4) Kunci jawaban geografi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
5) Kunci jawaban buku paket geografi kelas 10 kurikulum 2013
6) Materi geografi kelas 10
7) Soal ekonomi kelas 10
Nah, kali ini kita akan membahas beberapa teladan soal untuk pelajaran geografi utamanya untuk pelajar sma kelas 10. Bagi yang ingin berlatih bareng dan ingin lebih berakal dan menguasai bahan yang telah diajarkan disekolah bisa ikut latihan ini.
Latihan kali ini berisikan 10 acuan soal untuk persiapan berguru menghadapi pengambilan nilai. Masing-masing soal nanti akan diterangkan bagaimana maksud dan usul dalam soal tersebut. Dengan begitu lebih gampang mengerti apa yang diminta oleh soal. Soalnya ialah soal opsi ganda, berikut selengkapnya.
1. Bantuan yang terjadi akhir tekanan dan suhu yang tinggi, serta waktu yang usang di dalam kulit bumi ialah ….
a. batuan limnis
b. batuan beku luar
c. batuan beku dalam
d. batuan sediment
e. batuan metamorf
Ada banyak suatu tori yang menunjukan wacana terbentuknya batu. Hal tersebut dikarenakan jenis batuan juga tidak cuma satu, namun banyak. Soal tersebut menerangkan ihwal cara terbentuknya batuan akhir tekanan dan suhu yang tinggi dan waktu yang lama pada bagian dalam kulit bumi. Disebut batuan apakah batuan yang terbentuk dengan cara demikian..?
2. Penyebab timbulnya tanah kritis di kawasan miskin akan vegetasi yaitu ….
a. pencucian dan pengendapan
b. pelapukan dan pengikisan permukaan
c. pelarutan dan pengendapan
d. pelapukan dan pelarutan
e. pelapukan dan pengendapan
Soal ini menerangkan wacana tanah kritis di tempat miskin akan vegetasi, atau juga bisa diatarkitan tentang sebuah tanah yang memang tidak memiliki suatu peluanglagi alasannya tidak banyak tanaman yang mampu dimanfaatkan manusia. Di sebut apakah yang demikian ini..?
3. Bentuk wajah bumi yang hampir datar dinamakan ….
a. denudasi
b. dataran banjir
c. peneplain
d. fleksur
e. escarpment
Ada suatu teori yang menyangkut perihal bumi sebagai objeknya. Yang mana bumi selaku sebuah salah satu planet memang pantas menjadi suatu objek, hingga lahirlah suatu perumpamaan-perumpamaan dalam suatu bidang ilmu geografi. Dan di bawah yakni suatu itilah-istilah yang terkait dengan bumi, yang manakah kira-kira nama dari pada bentuk bumi yang tampakdatar..?
4. Faktor-aspek yang mensugesti tinggi rendahnya tingkat abrasi di suatu tempat ialah sebagai berikut kecuali ….
a. bahan induk
b. suhu udara
c. curah hujan
d. iklim
e. topografi
Pada faktanya memang sebuah erosi pada suatu dataran memang berbeda-beda. Ada dataran yang memiliki tingkat pengikisan rendah dan ada yang memiliki tingkat abrasi tinggi. Dan kembali kepada soal, apakah yang bukan termasuk ke dalam faktor tinggi rendahnya abrasi pada suatu tempat..?
5. Stasiun pencatat gempa mencatat gelombang primer di kota R pk. 20.22;10” dan gelombang sekunder dating pk. 20.25;40”. Jarak episentrum gempa adalah ….
a. 3.500 km
b. 2.500 km
c. 2000 km
d. 2.300 km
e. 5.000 km
Soal tersebut yaitu suatu soal yang memuat ihwal pengertian jarak episentrum gempa. Yang mana yang melatar belakangi perihal sebuah gempa yang tercatat di kota R pk. 20.22;10” dan gelombang sekunder dating pk. 20.25;40”. Dan pertanyaannya ialah berapakah jarak episentrum gempa..?
6. Dengan semakin menipisnya cadangan minyak bumi perlu disosialisasikan bahan baker non migas seperti kerikil bara selaku bahan baker alternative di kaji dari tejadinya tergolong jenis batuan ….
a. sediment
b. metamorf kontak
c. beku luar
d. metamorf dynamo
e. beku dalam
Soal ini memiliki sebuah pemahaman tentang watu bara selaku suatu alternative di tengah-tengah kelangkaan atau menipisnya cadangan minyak bumi. Dan maksud pertanyaanya yaitu jenis batuan apakah batu bara tersebut..?
7. Hutan memegang peranan penting dalam mencegah pengikisan tanah karena ….
a. menguap dan mengeluarkan air pada musim kemarau
b. tanah menjadi lembab dan mengandung air
c. berfungsi untuk menangkal penguapan air tanah
d. penahan pengikisan percik
e. mengontrol turunnya hujan pada demam isu kemarau
Soal ini memiliki sebuah maksud wacana suatu fungsi dari pada hutan selaku pencegah erosi pada tanah. Dan yang dipertanyakan pada soal ini ialah mengapa bisa demikian hutan menghalangi pengikisan pada hutan, apa penyebabnya..?
8. Perhatikan penyataan berikut ini :
1. Terjadi alasannya adalah pergantian suhu extrim
2. Terjadi alasannya abrasi oleh air pada lapisan batuan
3. Batuan yang melapuk kian kecil akibat benturan dengan batuan lain
4. Batuan makin mengecil sebab kulit batuan mengalami pengelupasan
Ciri pelapukan kimia ialah ….
a.1 dan 2
b.2 dan 3
c.3 dan 4
d.1 dan 3
e.2 dan 4
Soal ini adalah suatu soal yang menjelaskan wacana pelapukan kimia. Dan pada bab atasnya terdapat sebuah macam-macam pelapukan, dan diatara macam-macam pelapukan tersebut terdapat suatu pelapukan kimia. Yang manakah jenis pelapukan kimia yang ada pada daftar urutan nomer di atas..?
9.Metode vegetatif yakni salah satu upaya penangulangan abrasi dengan menanam vegetasi (tanaman) untuk meminimalkan jumlah abrasi cara yang dilakukan yaitu ….
a. contour village
b. terasering
c. drainase
d. tanggul sawah
e. reboisasi
Soal ini menerangkan tentang sebuah fungsi dari metode vegetasi selaku sebuah alat untuk mengatasi erosi. Dan sebuah pertanyaan yang terkandung dalam pertanyaan tersebut bisa diartikan mirip apakah betuk suatu tata cara vegetatif yang mampu menanggulangi abrasi, dan dari mana memulainya, untuk menghemat pengikisan tersebut..?
10. Jenis-jenis tumbuhan penghijauan di daerah perbukitan yang gundul tertulis di bawah ini kecuali ….
a. karet, kelapa, magga
b. beringgin dan cendana
c. cendana dan jati
d. jambu simpanse dan akasia
e. akasia dan cemara
Soal ini menjelaskan wacana suatu tumbuhan yang bukan termasuk dalam sebuah flora penghijauan. Dan di bawah adalah sebuah daftar ihwal flora yang mampu difungsikan sebagai tanaman penghijauan. Pertanyaannya adalah yang manakah yang bukan tergolong ke dalam ciri tanaman yang bukan tanaman untuk penghijauan..?
Cara latihan dengan contoh soal geografi tersebut bagaimana, ya dengan menjalankan satu persatu soal tersebut dong. Rekan semua bisa melakukan latihan di atas secara urut satu persatu alasannya soalnya belum diikuti dengan jawaban.
Kalau ada yang sulit dan tidak yakin maka tinggal ditandai saja soalnya dan lanjut ke soal berikutnya. Setelah simpulan, soal-soal yang tidak mampu dijalankan mampu dibaca lagi dan dipahami lagi. Jika memang sama sekali tidak mampu dilaksanakan maka selanjutnya kita mesti membuka kembali catatan yang ada.
Selanjutnya kita pelajari bahan pada soal yang tidak mampu kita kerjakan. Setelah itu kita mampu menjawab lagi soal tersebut. Dengan begitu harapannya kita bisa ingat dan paham jikalau memperoleh soal yang serupa. Itu saja latihan kali ini, selamat mengerjakan.
0 Komentar